Dua Kali Jokowi ke Kalsel Sepanjang tahun 2017

Seperti halnya janji Presiden Jokowi untuk "membangun Indonesia dari pinggiran" yang termaktub dalam Nawacita Sembilan Agenda Prioritas Presiden Jokowi, upaya Kepala Negara menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat luar Jawa selama ini patut diapresiasi.

Pada era Presiden Jokowi kita merasakan beberapa program pemerintah untuk pembangunan di beberapa daerah luar Jawa. Misalnya BBM satu harga, pembangunan di perbatasan (daerah terluar) negara tetangga, pelabuhan, bendungan/irigasi, atau lainnya. Tidak hanya infrastruktur, Presiden Jokowi juga sangat pandai membangun hubungan emosional dengan warga negara di berbagai pelosok negeri.

Hal ini terlihat dari rajinnya Presiden Jokowi mengunjungi daerah-daerah di luar Jawa. Dalam catatan Banjar.info, sepanjang tahun 2017 Presiden Jokowi sudah melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak dua kali. Dengan rincian sebagai berikut:


1. Pesta Adat Mappanretasi Pagatan


Kegiatan adat suku Bugis Kalsel ini rutin dilaksanakan tiap tahun. Dilaksanakan di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu.  Digelar pada bulan April berbarengan dengan perayaan HUT Kabupaten Tanah Bumbu. Kegiatannya sendiri dilaksanakan sebulan penuh.

Pada Mappanretasi 2017 dihadiri Presiden Jokowi, tepatnya pada tanggal 7 Mei 2017. Sebuah kebanggan luar biasa bagi masyarakat setempat. Bagaimana tidak, Pantai Pagatan yang merupakan lokasi perayaan pesta adat tersebut jaraknya cukup jauh dari ibukota Provinsi Kalsel, Banjarmasin. Tepatnya sejauh 300 km. 


Masyarakat sangat antusias sebagai respon atas apresiasi yang diberikan Presiden bagi warga setempat. Kegiatan Mappanretasi pun dibarengi dengan pemberian gelar adat kepada Presiden Jokowi berupa Kapitang Lau Pulo.

Pemberian gelar adat masyarakat Bugis Pagatan kepada Presiden Jokowi (sumber foto: kompas.com)


2. Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke-10


Kunjungan kedua Presiden Jokowi ke Kalsel adalah dalam rangka pembukaan Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke-10 di Banjarmasin. Presiden Jokowi membukan FASI ke-10 pada Jumat (15/09). Kegiatan FASI ke-10 dilaksanakan di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin. 

FASI adalah kegiatan festival yang diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI). Di festival ini digelar beberapa lomba keislaman. Kegiatan FASI ke-10 di Banjarmasin melibatkan 3 ribuan anak-anak.

Selain dalam rangka FASI ke-10, Presiden Jokowi juga membagikan sertifikat tanah di Gedung Sultan Suriansyah pasca-kegatan FASI.

Presiden Jokowi pasca-pembukaan FASI ke-10 (Sumber foto: Twitter @kemensetneg)

Inilah dua kunjungan Presiden Jokowi ke Kalsel sepanjang tahun 2017. 

Banyak hal bisa kita dapatkan dari aktivitas kunjungan seorang presiden ke beberapa daerah. Utamanya daerah di luar pulau Jawa. Kunjungan-kunjungan tersebut patut diapresiasi karena mampu mempersempit kesan jauhnya pemerintah pusat kepada daerah.[] pujo nugroho

Pujo Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar